Selasa, 01 Mei 2012

10 Hal Berbahaya bagi Otak



 



Otak merupakan bagian tubuh manusia yang sangat vital, karena di sinilah pusat dari berbagai saraf tubuh kita.  Tidak hanya itu, aktivitas kita tidak akan berjalan tanpa adanya otak. Jika otak terganggu, maka sudah bisa dipastikan semua aktivitas tubuh juga akan terganggu. Oleh karena itulah penting bagi kita untuk menjaga kesehatan otak. Agar kesehatan otak tetap terjaga maka jangan lakukan beberapa hal di bawah ini:
      1.      Tidak sarapan pagi.
Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal dengan tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya asupan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran fungsi otak.
2.      Terlalu banyak makan.
Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun kita pada kemunduran mental.
3.      Merokok.
Merokok berakibat fatal bagi otak kita. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak ayal diwaktu tua kita rawan terkena penyakit Alzheimer.
4.      Terlalu lama di lingkungan polusi udara.
Otak adalah bagian dari tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.
5.      Kurang tidur.
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan.
6.      Terlalu banyak mengkonsumsi gula.
Terlalu banyak asupan gula akan menyebabkan otak kelebihan nutrisi dan perkembangannya terganggu.
7.      Menutup kepala ketika tidur.
Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan yang buruk. Kebiasaan itu sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkosentrasi sehingga otak tercemar.
8.      Berpikiran terlalu keras ketika sedang sakit.
Bekerja atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak.
9.      Kurangnya stimulasi otak.
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih otak. Kurang berpikir justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.
10.  Jarang bicara.
Percakapan intelektual biasanya membawa efek positif pada kerja otak.

Artikel "10 Hal Berbahaya bagi Otak" ini di tulis dan di terbitkan oleh frendi cap. Jika Anda ingin mengcopy artikel ini, harap sertakan LINK AKTIF menuju ke web Berbagai Ilmu sebagai sumber artikel. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EXIT Jangan Lupa Klik "Suka" Ya
X-Steel - Diagonal Resize
Pengunjung yang baik akan meninggalkan jejaknya berupa komentar. Terima kasih atas kunjungangan Anda di Berbagi Ilmu. :)