Senin, 14 Mei 2012

Selesma



Common cold atau selesma sering kali mendatangi kita tanpa mengenal waktu.  Penyakit ini membuat kita pilek, bersin-bersin, dan tenggorokan gatal serta batuk yang sangat mengganggu. Selesma dapat terjadi pada anak-anak tiga hingga delapan kali dalam setahun. Selesma ini disebabkan oleh bakteri.
Bagaimana gejala selesama?
Saat terserang selesma kita akan merasa gatal pada tenggorokan, hidung meler atau tersumbat, dan bersin-bersin. Tidak hanya itu, biasanya tubuh akan terasa cepat lelah, kehilangan nafsu makan, batuk, dan terkadang sakit kepala.
Ketika bakteri penyebab flu menginfeksi hidung dan saluran sinus, hidung mengeluarkan lendir bening. Ini membantu mengeluarkan kuman dari saluran hidung. Setelah beberapa hari, sistem kekebalan tubuh akan melawan, mengubah warna lendir menjadi putih atau kuning. Ketika bakteri baik berkembang biak, warna lendir berubah menjadi warna kehijauan. Hal ini sangat normal, jadi Anda tak perlu buru-buru mengonsumsi obat antibiotik.
Bagaimana cara menyembuhkannya?
       -          Istirahat yang cukup.
-       Mengonsumsi makanan yang bergizi serta buah-buahan yang mengandung vitamin C.
      -          Jika pilek mengganggu aktivitas, minumlah segelas air yang hangat. Hal ini akan melegakan hidung karena lendir akan menjadi lebih encer.
     -         Inhalasi tradisional. Isi baskom dengan air panas lalu berikan beberapa tetes minyak angin dan hiruplah uapnya.
       -          Ringankan gejala selesma dengan mengonsumsi obat pereda flu.
Pertolongan pertama menggunakan obat tradisional.
       Ø  Pilek
1.    Buatlah minuman hangat, seperti beras kencur atau jeruk panas.
2.  Parut bawang merah, kemudian tempelkan pada tulang leher ke-7 (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak, tetapi sebelumnya olesi minyak telon dan kayu putih.
      Ø  Batuk berlendir
       Buat ramuan yang terdiri dari 1 siung bawang putih yang diparut ditambah masing-masing 1 sendok makan air jahe, air kunyit, air jeruk nipis, madu, dan 3 sendok makan air matang. Kukuslah campuran bahan-bahan ini lalu minum 3-4 kali sehari masing-masing 2 sendok teh.
     Ø  Dahak susah keluar
Parut 1 siung bawang merah dan 1 ruas jahe kemudian peras, ambil airnya. Campur dengan perasan dari 7 butir adam manis dan parutan 1 ruas kunyit. Kemudian tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis dan ½ gelas air dan kukus. Konsumsi sebanyak 2 sendok teh 3 kali sehari.

Artikel "Selesma" ini di tulis dan di terbitkan oleh frendi cap. Jika Anda ingin mengcopy artikel ini, harap sertakan LINK AKTIF menuju ke Web Berbagi Ilmu sebagai sumber artikel. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EXIT Jangan Lupa Klik "Suka" Ya
X-Steel - Diagonal Resize
Pengunjung yang baik akan meninggalkan jejaknya berupa komentar. Terima kasih atas kunjungangan Anda di Berbagi Ilmu. :)