Senin, 14 Mei 2012

Buah “Remeh” Kaya Manfaat




Buah yang satu ini mungkin termasuk salah satu buah yang paling dikenal orang. Buah ini tergolong buah-buahan tropis yang hampir terdapat di seluruh wilayah Indonesia. Pohon pisang amat mudah ditanam dan bisa tumbuh di mana saja. Tak heran, pisang pun menjadi semacam ‘buah rakyat’. Berbeda dengan apel, pear, strawberry, atau cherry yang lebih terkesan mewah.
Namun di balik kesederhanaannya, pisang ternyata menyimpan berjuta manfaat bagi manusia. Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam buah pisang matang antara lain: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg, dan air 72 gram.
Berbagai kandungan vitamin, mineral, karbohidrat, dan sedikit lemak dari pisang, memberikan kemanfaatan yang besar untuk kebutuhan medis.
Gula alami pada pisang yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa bermanfaat untuk memberikan tambahan energi langsung yang cukup banyak. Sedangkan kandungan serat yang tinggi bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.
Buah pisang mengandung zat asam semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh. Zat ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat gangguan jantung. Makan buah pisang setelah sarapan membantu kadar gula Anda dan juga mengurangi rasa pegal-pegal sewaktu bangun pagi. Selain itu, kandungan vitamin B-nya membantu menenangkan sistem urat syaraf.
Pisang juga digunakan sebagai makanan diet untuk mencegah gangguan pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus. Hanya buah mentah inilah yang langsung dapat di makan tanpa harus susah-susah mengolahnya, dan juga menetralisir kelebihan zat asam serta mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalm perut kita.
Bagi para perokok, buah pisang dapat membantu orang yang akan berhenti merokok. Kandungan vitamin B6, B12, potasium, dan magnesium dalam pisang berguna untuk membantu mencegah efek dari gangguan akibat nikotin.
Kandungan protein dalam pisang juga bermanfaat untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengendalikan kadar cairan tubuh. Saat kita sedang mengalami stres, tingkat metabolisme manjadi naik, dan karenanya terjadi pengurangan kadar potasium. Hal ini dapat dikendalikan dengan makanan ringan dari pisang yang kaya dengan kadar potasiumnya.
Dan tahukan Anda, jika dibandingkan dengan buah apel, pisang memiliki 4 kali lipat protein, 2 kali lipat zat kadar karbohidrat, 3 kali lipat fosfor, 5 kali lipat vitamin A dan zat besi, 2 kali lipat mineral, dan vitamin lain. Pisang juga kaya kan kadar potasium dan merupakan buah terbaik yang mudah  di dapat dan murah. Jadi, jika ingin sehat, tak perlu membeli buah impor yang mahal. Cukup dengan pisang lokal yang dibeli di pasar.

Artikel "Buah 'Remeh' Kaya Manfaat" ini di tulis dan di terbitkan oleh frendi cap. Jika Anda ingin mengcopy artikel ini, harap sertakan LINK AKTIF menuju ke http://frendiberbagi.blogspot.com sebagai sumber artikel. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EXIT Jangan Lupa Klik "Suka" Ya
X-Steel - Diagonal Resize
Pengunjung yang baik akan meninggalkan jejaknya berupa komentar. Terima kasih atas kunjungangan Anda di Berbagi Ilmu. :)