Senin, 21 Mei 2012

Si Ahli Bor Kulit




Nyamuk, kita mengenalnya sebagai serangga kecil yang sering mengganggu aktivitas dan tidur kita. Tak hanya itu, nyamuk juga bisa menularkan berbagai macam penyakit. Kegemaran nyamuk menghisap darah manusia menjadikannya sebagai serangga yang berpotensi menularkan kuman antarmanusia. Demam berdarah, chikungunya, yellow fever, hingga penyakit kaki gajah.
Selama ini pula kita menganggap bahwa untuk mendapatkan darah, nyamuk menusukkan mulutnya yang berbentuk jarumke kulit manusia. Namun tahukah Anda, sebenarnya nyamuk bukan menusuk, tapi lebih lebih tepatnya adalah mengebor. Dan teknik mengebor nyamuk amatlah luar biasa.
Awalnya, nyamuk akan mendeteksi sebuah titik pada kulit manusia dengan bibir dari belalainya. Lalu dengan menggunakan rahang atas yang tajam dan rahang bawah yang memiliki gigi membengkok ke belakang, mulailah nyamuk membuka lapisan kulit. Rahang bawah digerakkan maju – mundur seperti gergaji. Seiring dengan itu, sengat yang menyerupai belalaipun mulai disisipkan. Proses ini terus berjalan hingga sengat mencapi pembuluh darah.
Segera setelah sengat mencapai pembuluh darah, proses penghisapan pun dimulai. Namun, darah manusia akan segera membeku begitu pembuluh darah terluka untuk menghentikan kebocoran. Untuk mengatasinya, nyamuk mengeluarkan cairan khusus yang mencegah pembekuaan darah. Sehingga nyamuk dengan leluasa menghisap darah sepuasnya.
Sebuah proses yang rumit, tetapi begitu mudah dilakukan oleh serangga sekecil nyamuk. Tentu kita bertanya, darimana nyamuk memiliki kemampuan mengebor kulit manusia dan menemukan sebuah pembuluh darah ? Bagaimana pula nyamuk tahu bahwa darah manusia akan membeku, sehingga dia perlu menyiapkan cairan anti beku?
Namun semua itu nampak begitu mudah bagi seekor nyamuk yang hanya beberapa milimeterpanjangnya, tanpa akal ataupun kecerdasan. Karena Allah, langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada di dalamnya, telah menciptakan nyamuk dan manusia, dan memberikan berbagai kemampuan luar biasa dan menakjubkan tersebut kepada nyamuk.

Artikel "Si Ahli Bor Kulit" ini di tulis dan di terbitkan oleh frendi cap. Jika Anda ingin mengcopy artikel ini, harap sertakan LINK AKTIF menuju ke web Berbagi Ilmu sebagai sumber artikel. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EXIT Jangan Lupa Klik "Suka" Ya
X-Steel - Diagonal Resize
Pengunjung yang baik akan meninggalkan jejaknya berupa komentar. Terima kasih atas kunjungangan Anda di Berbagi Ilmu. :)