Kamis, 03 Mei 2012

Baluran Tak Terlupakan

Tepatnya pada tanggal 25 sampai 26 Mei 2009, kami siswa kelas 12 jurusan IPA SMA Negeri 01 Ngantang melakukan kunjungan ke sebuah taman nasional di bagian ujung Jawa Timur. Taman nasional ini bernama Taman Nasional Baluran (TNB) yang merupakan bagian dari wilayah Situbondo. TNB merupakan titik terkering pulai jawa. Jadi yang terbayang dalam pikiran adalah betapa panasnya TNB. Kunjungan kami kali ini adalah dalam rangka observasi bioma sebagai tugas pelajaran Biologi.
Perjalanan dari kota Malang ke TNB sebenarnya hanya 7-8 jam kalau naik bus. Namun, ada hal yang membuat perjalanan kami tertunda di daerah Probolinggo, tepatnya di SPBU Gending, karena bus yang mengangkut kami bermasalah dan akhirnya mogok. Alhasil, kami dengan terpaksa menunggu bus penggantinya yang dikirim dari Malang sampai 3 jam lamanya. Nah, waktu tersebut kami gunakan untuk ishoma.
Kami sampai di TNB pada malam hari sekitar 20.00 WIB, terlambat dari jadwal yang seharusnya sudah sampai jam 15.00 WIB. Jadi sesampainya di sana kami langsung istirahat melepas penat. Kami menginap pada sebuah Guest House yang ada di daerah Bekol dengan membayar Rp 25.000,00 per orang. Fasilitasnya lumayan memadai, dilengkapi dengan 6 kamar (3 kamar di lantai atas dan 3 kamar di lantai bawah). Tetapi sayangnya, tempatnya kurang terawat sehingga pada saat hujan, atap-atap bangunan tersebut bocor. Sangat mengganggu tidur kami. Di samping itu listrik juga belum mengalir ke sana. Sehingga, untuk menghidupkan lampu-lampu atau peralatan listrik harus memakai mesin diesel. Perlu diketahui listrik dihidupkan mulai jam 18.00 sampai 00.00 WIB. Jadi agar listrik tetap menyala setelah lewat jam tersebut harus menambah uang sekitar Rp. 150.000,00. Juga jika pergi ke sana, jangan lupa membawa obat nyamuk atau cream anti nyamuk, karena nyamuknya sangat banyak.
Hari selasa pagi kami telah bersiap-siap untuk melakukan observasi. Wah, betapa kagetnya kami, pagi-pagi sudah disambut dengan monyet-monyet liar ke basecamp kami. Namun, jangan khawatir monyetnya datang hanya untuk meminta makanan kok. Tujuan utama kami hari ini adalah pantai Bama. Sepanjang perjalanan ke pantai Bama, kami melihat berbagai hewan berkeliaran bebas, antara lain burung elang, burung merak, sekelompok rusa, banteng, dan lain-lain. Sesampainya di pantai Bama, kami langsung melakukan observasi bioma pantai. Pantainya masih asri dan indah sekali.
Setelah dari pantai Bama, kami langsung pergi ke ekosistem mangrove yang ada di TNB. Banyak sekali pohon mangrove tertata tidak beraturan tetapi tetap asri. Akar-akarnya besar dan tinggi seukuran orang dewasa. Namun, akses jalan di ekosistem cukup baik, karena dibuatkan jalan dari kayu-kayu di atas air laut. Jadi tak perlu masuk ke air. Di sini juga terdapat populasi monyet. Setelah puas seharian bermain-main dengan air kami kembali ke basecamp.
Tibalah hari terakhir kami di TNB, yang harus kami kerjakan adalah analisis vegetasi di sabana. Semak-semaknya begitu tinggi dan penuh dengan duri jadi harus ekstra hati-hati. Di sana juga terdapat sebuah menara pemantau yang tidak jauh dari basecamp kami. Letaknya yang strategis, sehingga kami bisa melihat pemandangan yang indah ke segala penjuru. Semua rasa lelah dan penat tidak akan terasa setelah merasakan keindahan alam TNB. Setelah itu, kami kembali ke basecamp untuk bersiap-siap pulang. Dengan berat hati, kami meninggalkan alam Taman Nasional Baluran.
Nah, begitulah kisah pendek kami yang merupakan pengalaman indah bagi saya. Tidak ada hal yang sia-sia yang diciptakan oleh Allah di muka bumi ini. Oleh karena itu, kalau ada kesempatan berkunjunglah ke TNB. Selain berekreasi kita juga akan mendapatkan manfaat ilmu yang menakjubkan.

Artikel "Baluran Tak Terlupakan" ini di tulis dan di terbitkan oleh frendi cap. Jika Anda ingin mengcopy artikel ini, harap sertakan LINK AKTIF menuju ke web Berbagi Ilmu sebagai sumber artikel. Terima kasih.